Multilanguage ASP.Net Website tips (part 1)

*ngetes scribe fire* Bekerja di timur tengah memang banyak dukanya, ya panas, ga ketemu pacar, udah gitu disuruh bikin website yang multi-language. Tahu sendiri kan gaya membaca website arab yang kidal (baca: dari kanan ke kiri).

 

Repot, bukan cuma terjemahin kata demi kata, tapi harus menyediakan banyak waktu untuk otak-atik css. Sambil asik sendiri mencari cara mengatasi kerepotan ini, saya mencoba membagikan tips-tips yang saya sudah coba sendiri. dan terbukti maknyooos..

 

Part 1:Siapin MasterPage.

Saya ingin website ini memiliki layout yang konsisten, tapi tidak mau melakukan copy-paste beberapa kali ke semua halaman. Makanya saya membuat Master Page. Jika belum pernah coba Master Page, bisa lihat tulisan rekan kita di sini. Di website yang saya kerjakan, sebuah button untuk mengganti bahasa dari bahasa inggris ke arab dan sebaliknya, wajib hukumnya, kalo gak mau dihukum sama bos ;p Oleh sebab itu, button ini mesti ada di master page.

Button, jangan combobox.

Sebaiknya anda gunakan button saja dibandingkan combobox. Jika anda menggunakan combobox, entah kenapa, orang arab bisa bingung mencari cara mengubah bahasanya. Karena jika anda memakai combobox, bisa jadi halaman di bahasa inggrisnya tidak akan terlihat adanya tulisan arab, dan sebaliknya. (coba dipikirin kenapa)

Tempatkan button agak menyendiri dan berlawanan arah.

Jika digabung-gabungkan dengan menu lain, tentu orang arab jadi ragu, gak ngeh atau takut salah pencet. Dari penerawangan saya selama ini, sudah ada di mindset orang arab bahwa kalau menu di kiri, tombol 'ganti-ke-bahasa-arab' ada di kanan, dan sebaliknya. Mungkin karena memang gaya membaca mereka kidal, atau memang website arab hampir semuanya begitu.


menu ini,anda tahu kan harus mencet yang mana kalau mau ganti ke bahasa arab?

dalam arabic seharusnya begini, anda tahu kan harus mencet apa kalau mau ganti ke bahasa inggris?


LinkButton lebih baik daripada Button

Saya rekomendasikan anda untuk memakai LinkButton daripada Button. Ada kemungkinan anda bingung untuk mencari font yang bagus dan tegas sehingga anda memutuskan menggunakan gambar daripada pusing mencari Font arabic yang tepat. Pada cuplikan menu saya diatas, tulisan arab itu bukan text, melainkan gambar.

Wah ini part pertama, gak tau deh bakalan ada berapa part. Kayaknya semakin saya bego, semakin banyak. Ummh... kalo gitu bakalan banyak bener nih..

Share this post: | | | |
Published Saturday, June 21, 2008 9:16 PM by anwarchandra

Comments

# re: Multilanguage ASP.Net Website tips (part 1)

Sunday, June 22, 2008 12:26 AM by norman

Interesting! :)

# re: Multilanguage ASP.Net Website tips (part 1)

Sunday, June 22, 2008 4:10 AM by az&fa

pantesan dia tau tempat cari jodoh di kuwait...

dia nyang bikin rupanya...

weleehhhhhhh londo kebobolaln lagi 3-1....

baru di tinggal sebentar...

# re: Multilanguage ASP.Net Website tips (part 1)

Thursday, August 7, 2008 1:06 PM by alex

gw malah bikin web dengan 6 bahasa ndra :-p

termasuk arab di dalamnya. Ya itu web buat kampus kamu (http://www.ui.edu) :-D

Powered by Community Server (Commercial Edition), by Telligent Systems