This Blog

Syndication

News

Awards

Microsoft MVP Logo
Grab this badge here!

Certificates

Transcript ID#: 6724122
Brainbench ASP.NET Certificate
 
Brainbench ASP.NET 2.0 Certificate
 
Brainbench .NET Framework 2.0 Certificate

Ahmad Masykur

var myObject = { "languages" : [ "C#", "VB.NET", "ASP.NET", "Javascript", "SDCC", "Assembler" ] }; //

May 2010 - Posts

  • Membuat Aplikasi Bisnis Semakin Mudah dengan HTML5

    HTML semakin berkembang seiring dengan perjalanan waktu. HTML yang dulunya hanya digunakan untuk teks statis, kini sudah menjadi sebuah sarana membuat aplikasi yang mumpuni. Spesifikasi HTML  yang saat ini banyak digunakan adalah HTML 4 yang dipublikasikan pertama kali pada tahun 1997.

    Lebih dari 10 tahun HTML4 menjadi standar web. Kini hadir teknologi web baru yang merupakan pengembangan dari HTML4, yaitu HTML5. Pada HTML4 kita bisa membuat form dengan menggunakan kotak teks (textbox) yang mana untuk membuat validasi jenis data kita harus menanganinya sendiri. Dengan HTML5, hampir semua jenis kotak masukan (input box) sudah tersedia. Spesifikasi (draft) lengkap mengenai kotak masukan dapat dilihat di:

    http://www.whatwg.org/specs/web-apps/current-work/multipage/the-input-element.html

    Dengan demikian kita tidap perlu membuat sendiri validasi untuk jenis data yang sudah umum.

    Share this post: | | | |
  • Upload dan Install Skin pada DNN 5

    Instalasi skin di DNN 5 berbeda dengan versi sebelumnya. Pada DNN 5, skin dan modul disebut sebagai extension. Untuk mengupload skin, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Login sebagai Host
    2. Masuk menu Host > Extensions. Anda akan melihat semua extension termasuk skin yang sudah terinstall.
      SKIN package list 
    3. Gulung layar sampai ke bawah dan klik tombol Install Extension Wizard
    4. Pada halaman Install Extension, tekan tombon Browse dan pilih paket skin yang akan dipasang. Kemudian klik tombol Next  
      Browse DNN skin package 
    5. Anda akan dapatkan informasi paket skin yang akan dipasang. Kemudian klik tombol Next  
      image
    6. Di halaman Release Notes akan tampil informasi catatan khusus untuk rilis paket skin tersebut. Perhatikan dengan seksama apakah skin yang diupload sudah sesuai dengan versi DNN yang dipasang. Selanjutnya klik tombol Next  
      image
    7. Halaman terakhir merupakan halaman persetujuan dari pihak pembuat SKIN. Centang Accept License jika Anda setuju dan kemudian klik tombol Next  
      image
    8. Setelah semua langkah diikuti, Anda akan dapatkan laporan mengenai status dari instalasi. Jika semuanya sukses, Anda bisa gunakan skin tersebut melalui menu Admin > Skins.

    Untuk menggunakan Skin yang sudah diupload, masuk menu Admin > Skins dan ikuti langkah-langkah berikut.

    1. Pilih skin yang diinginkan pada combobox
      image 
    2. Klik Apply pada salah satu layout yang tersedia
      image
    3. Sekarang skin sudah terpasang dan dapat dilihat hasilnya.
      image

    Demikian tutorial singkat mengenai pemasangan skin DNN 5. Semoga bermanfaat.

    Share this post: | | | |
    Posted May 19 2010, 07:19 AM by cahnom with no comments
    Filed under:
  • Materi Presentasi ASP.NET 4.0 and JavaScript di Innovation Day 2010

    Bagi yang tidak sempat mengunjungi presentasi saya di Innovation Day 2010. Saya sudah unggah materi presentasi dan proyek Visual Studio 2010.

    Presentasi saya dapat dilihat di sini sedangkan proyek Visual Studio 2010 dapat diunduh di

    Terdapat lima materi pokok dalam proyek tersebut diantaranya:

    • Microsoft Ajax Template. Merupakan template engine yang hingga preview 6 (sebelum RTM) masuk ke dalam core Microsoft Ajax. Saat keluar versi RTM, template engine ini dipindah ke AjaxControlToolkit. Pemindahan ini dengan alasan bahwa semua client library akan difokuskan ke jQuery. Sumber: http://stephenwalther.com/blog/archive/2010/03/16/microsoft-jquery-and-templating.aspx
    • jTemplate. Merupakan template engine berbasis plug-in jQuery. Plug-in ini cukup sederhana namun dapat memenuhi sebagian besar kasus yang pernah saya hadapi di proyek nyata.
    • ScriptManager improvement. Beberapa perbaikan ScriptManager dibandingkan dengan versi 3.5. Referensi lengkap dapat dibaca di ASP.NET 4.0 ScriptManager Improvements - Infinities Loop
    • Microsoft CDN. Dengan adanya CDN, aplikasi web kita dapat cepat diakses dari segala penjuru dunia. Semua static script (termasuk Microsoft Menu, Microsoft Ajax, jQuery, dll) diambil dari server CDN yang tersebar di semua belahan dunia. User yang mengakses web akan mendownload static script tersbut dari CDN terdekat, bukan dari web server termpat aplikasi di-host.
    • HTML5. Merupakan standar baru HTML masa depan yang mendukung aplikasi web lebih interaktif dan tampilan pengguna yang lebih kaya. Materi yang berkenaan dengan HTML5 yang menampilkan jam analog dengan canvas dan memutar video tanpa plugins dengan tag video. Format video yang didukung sebagian besar browser modern adalah format MPEG-4 (H-264), namun Firefox hanya mendukung format Ogg. Saya gunakan video sample yang ada di Windows (.wmv), namun format video tersebut tidak didukung oleh HTML5. Untuk mengkonversi .wmv ke MPEG-4, saya gunakan Microsoft Expression Encoder 3. Sedangkan untuk dapat mengkonversi format video ke dalam Ogg, saya gunakan layanan online http://media-convert.com/. Selain layanan online, Anda bisa gunakan piranti lunak gratis Miro Video Converter (Windows Macintosh).

    Untuk dapat menjalankan proyek ini secara keseluruhan, diperlukan web server. Jika Anda mengunakan IIS7, tidak ada setting tambahan di web server karena setting dilakukan di file web.config. Jika Anda menggunakan IIS6, Anda perlu mensetting Mime-Type supaya browser mengenali mime-type file video.

    Share this post: | | | |