Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

Silverlight 2 Beta 2, Duplex Communication

Sudah hampir 3 hari Silverlight 2 Beta 2 di-release. Untuk mengetahui lebih banyak bisa klik disini dan disini dan tentu aja di Silverlight.net.

Untuk men-download Silverlight Chainer sebesar 84MB yang lengkap dengan SDK, Runtime dan tool untuk VS 2008 bisa klik disini, sedangkan yang hanya ingin runtime-nya saja bisa mengunjungi link ini.

Ada beberapa feature-feature baru yang menarik buat saya pribadi, tetapi yang paling menarik adalah :

{Duplex Communication}

Feature ini memungkinkan server melakukan push data (Server Push). Artinya teknologi seperti yang dimiliki oleh Lightstreamer dan Comet bukan angan-angan lagi (angan-angan karena males bikin, angan-angan karena males pakai Lightstreamer yang berbayar dan Comet yang mesti menggunakan Apache), karena Silverlight sudah memberikannya. Apa fungsinya fasilitas ini nantinya?

Pertama bila saya ingin membuat aplikasi Chatting, tidak perlu lagi mengakali dengan menggunakan control Timer pada ASP.NET Ajax untuk meng-update UpdatePanel yang ujung-ujungnya mesti request ke server juga. Kasus lain, feature ini dapat dijadikan untuk membantu aplikasi yang berfungsi untuk monitoring seperti monitoring equipment atau sensor dan juga kasus stock ticker atau trader application.

Feature ini akan bergantung dengan WCF. Tunggu saja (kalau sempat) akan saya ulas feature ini beserta contoh kasus.

{REST & ADO.NET Data Services}

Bagi yang sudah pernah dengar Astoria (codename untuk ADO.NET Data Service) maka pada Silverlight 2 Beta 2 sudah support untuk mengkonsumsinya. Walau pada versi sebelumnya hal ini juga bisa dilakukan.

{Server Side Playlist}

Pada versi sebelumnya hanya mendukung client-side playlist maka pada Beta 2, sudah ada dukungan untuk server-side playlist. Tentu saja ini sangat erat kaitannya dengan feature Media pada Silverlight.

{Tab Control}

Ini adalah control baru yang dapat ditemui pada Silverlight 2 Beta 2.

Dan masih ada beberapa lagi feature yang menarik, tetapi tetap...yang paling menarik buat saya adalah feature Duplex Communication. Feature yang menarik dan layak dicoba. Saat ini Silverlight Chainer masih dalam tahap download baru 8%, maklum bandwidth cuma 12Kbps maksimal :)

Lalu bagaimana dengan Visifire's Silverlight Chart?

logo_visifire

Tenang, Visifire sudah support dengan Silverlight 2 Beta 2, beritanya dapat dibaca disini.

Sekarang ada yang baru pada Visifire's Silverlight Chart, selain untuk Webpage, yang baru adalah komponen untuk support Silverlight Application. Semuanya bisa di download disini.

Sudah saatnyakah menggunakan Silverlight 2 pada aplikasi kita? Saat Silverlight 2 Beta 1 keluar (bahkan sejak Silverlight 1.0) saya sudah menggunakannya pada aplikasi produksi. Bagi yang masih menimbang-nimbang untuk menggunakan Silverlight 2 Beta 2 pada aplikasi produksi mungkin bisa membaca kutipan Om ScottGu berikut :

"Silverlight 2 Beta2 supports a go-live license that allows you to start using and deploying Silverlight 2 for commercial applications. There will be some API changes between Beta2 and the final release, so you should expect that applications you write with Beta2 will need to make some updates when the final release comes out.  But we think that these changes will be straight-forward and relatively easy, and that you can begin planning and starting commercial projects now."

 

Selamat mencoba.

{menunggu download selesai dulu mode : on}

Capture

Share this post: | | | |

Comments

No Comments