Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

{IE8 and Silverlight 3 Beta 1 but Blend 3} & {OOB}

IE8, Silverlight 3 (Silverlight.3.0_Developer.exe, silverlight_sdk.exe, Silverlight3_Tools.exe) dan Blend 3 Trial akhirnya berhasil juga diunduh. Maka satu per satu file tersebut segera di-install.

{Instalasi}

IE8 berhasil diinstal dengan sukses. Belum melihat masalah.

Untuk memanfaatkan Silverlight 3 sebagai ‘viewer’ dan developer maka ketiga file yang telah disebutkan di atas mesti diunduh. Silverlight3_Tools.exe berfungsi sebagai add-in untuk VS 2008, untuk menginstal Silverlight3_Tools.exe, caranya tidak jauh berbeda dengan posting ini. Setelah Silverlight3_Tools.exe dijalankan maka pada direktori %TEMP% dapat dilihat direktori ‘Silverlight 3.0 Tools Beta 1’.

01

Sebelum tombol Next ditekan, copy file silverlight_sdk.exe dan Silverlight.3.0_Developer pada direktori tersebut, setelah itu tekan tombol Next. Tunggu beberapa menit sampai proses instalasi berhasil.

02

Seperti terlihat pada gambar, dapat dilihat 3 Project Silverlight 3.0 dapat dibuat pada VS2008. Dibandingkan pada Silverlight 2.0, pada Silverlight 3.0 terdapat 1 tambahan project yaitu Silverlight Navigation Application.

Yang perlu diperhatikan, Silverlight 3.0 tidak dapat berdampingan dengan Silverlight 2.0 baik sebagai runtime ataupun sebagai developer tool pada VS2008. Semoga nanti saat Silverlight 3.0 mencapai versi RTW terdapat fasilitas multi-target project Silverlight yang akan digunakan. Karena keegoisan ini, maka sebaiknya segala sesuatu yang beraroma Silverlight 2.0 dihilangkan terlebih dahulu sebelum  Silverliht 3.0 diinstall.

Blend 3, adalah tool designer untuk Silverlight 3.0. File sebesar 290-an MB ini ‘berhasil’ diunduh dalam waktu 2 hari lebih. Namun sayang saat installasi proses tidak dapat dilakukan sampai selesai karena file yang corrupt. Artinya mesti mencoba diunduh lagi.

{Test}

IE8, saat dicoba memang dari segi kecepatan masih lebih ok FireFox 3 yang sekarang digunakan sehari-hari. Mungkin karena FF 3 telah lama digunakan sehingga telah banyak yang telah ter-cache, tidak seperti IE8 yang baru saja bersarang di komputer.

Silverlight 3, sebagai runtime berjalan dengan lancar di IE8 dan FF3, animasi Silverlight 2.0 pada Geeks Portal berjalan dengan normal. Begitu pula sebagai add-in pada VS2008, dapat dengan lancar digunakan untuk membuat aplikasi Silverlight 3.0 sederhana.

{Silverlight’s New Features}

Salah satu feature baru Silverlight 3.0 yang menarik adalah OOB (out of browser). Coba kita perhatikan apa yang berbeda ketika suatu content Silverlight diklik kanan?

03

Pada Silverlight 2.0, ketika konten Silverlight diklik kanan yang terlihat hanya ‘Silverlight Configuration’, sedangkan pada Silverlight 3.0 terdapat tambahan menu ‘Install onto this computer…’. Tetapi menu tersebut masih belum aktif. Agar content Silverlight dapat diinstal pada komputer dan dijalankan tanpa browser maka caranya adalah dengan melakukan sedikit modifikasi pada file AppManifest.xml.

04

Dan berikut isi file AppManifest.xml setelah diedit.

   1: <;Deployment.ApplicationIdentity>
   2:     <;ApplicationIdentity 
   3:         ShortName="Hello World" 
   4:         Title="Hello World with OOB">;
   5:         <ApplicationIdentity.Blurb>Hello World with OOB</ApplicationIdentity.Blurb>
   6:     <;/ApplicationIdentity>
   7: </Deployment.ApplicationIdentity>

Build project Silverlight, dan View in Browser file HTML/ASPX yang berisi content Silverlight. Maka ketika pada area content Silverlight di klik kanan dapat dilihat tampilan seperti pada gambar.

05

Klik Install Hello World onto this computer, maka akan ditampilkan dialog box seperti berikut ini.

06

Klik OK dan … sebuah windows baru akan muncul dengan aplikasi Silverlight didalamnya. Untuk meng-‘uninstall’ aplikasi Silverlight tersebut, dapat dilakukan dengan klik kanan pada area konten Silverlight tadi dan pilih ‘Remove …"'.

Adalagi feature baru yang lain? Tentu saja aja…stay tune in this channel :)

Share this post: | | | |

Comments

cahnom said:

Muantafff.

# March 23, 2009 9:14 AM

Risman Adnan Mattotorang said:

Keren!

# March 23, 2009 11:53 AM