Reyza

tenang, senang, sederhana
See also: Other Geeks@INDC

Public

What will you choose between Graffiti 1.3 or Graffiti 2.0 ?

Saat ini project Graffiti di http://graffiticms.codeplex.com/ sudah “terpecah” menjadi dua, yaitu versi 1.3 dan 2.0. 

Graffiti 1.3 dianggap sudah stabil untuk digunakan. Graffiti 1.3 merupakan upgrade versi 1.2 yang masih bersifat komersil.  Graffiti 1.3 merupakan versi upgrade yang menjamin tidak terjadi perubahan pada database dari versi 1.2.  Perubahan yang terjadi pada versi 1.3 diantaranya adalah :

{Report}

“Penambahan” fitur report (sebenarnya fitur ini mungkin sudah ada tetapi pada versi yang berbayar). Fitur yang memberikan laporan jumlah view pada posting blog, jumlah komentar berdasarkan waktu dan lain-lain.

{Post}

Tambahan daftar Pending Review & Requires Changes pada halaman Post.

image

{Library/Assembly}

Terdapat perubahan versi library yang digunakan, yaitu :

  • Lucene.net assembly from v1.9.0.6 ke versi v2.4.0.2.
  • Highlighter.Net assembly from v1.5.1.0 ke versi v2.3.2.1.
  • NVelocity.dll from 1.0 ke versi 1.1.

{HTML Editor}

HTML Editor pada versi 1.2 menggunakan Telligent.Glow.Editor yang merupakan HTML Editor pada Community Server. HTML Editor ini bersifat kode tertutup. Untuk membersihkan Graffiti 1.3 dari yang bersifat kode tertutup, maka HTML Editor pada versi ini diganti CK Editor Control versi 3.2.

Setelah memutuskan untuk mengupgrade Graffiti 1.2 ke 1.3 maka ada 1 hal yang mesti diperhatikan. Ketika proses upgrade telah selesai dan memulai menambahkan posting baru, ketika posting tersebut di-view maka akan terjadi “error” 404 yang menyatakan alamat/URL yang diminta tidak ada.  Kejadian ini terjadi bila menggunakan IIS7.  Untuk mengantisipasi prilaku tersebut maka pada control panel pilih Site Options > Configuration.

image

Centang “Generate Folders for Posts/Categories/Tags, kemudian restart Graffiti cukup dengan cara “menyentuh” web.config, maka apabila “error” 404 tidak akan ditemui lagi ketika nanti posting ditulis.

Graffiti 2.0 mana? :)

Share this post: | | | |
Posted: Feb 12 2010, 08:48 AM by reyza | with no comments
Filed under:

Comments

No Comments